TUGAS 2 - Contoh Penerapan AI (artificial intelligence) di dunia bisnis/informasi

Tipe-tipe
artificial intelligence:
- Chatbot
- Visual Search
- Voice Search
- Product Management
Kini penggunaan
teknologi artificial intelligence (kecerdasan buatan) telah menyebar di
berbagai industri. Bagaimana bidang industri akan berubah dengan adanya
teknologi AI ini? Kemudian, bidang pekerjaan apa sih yang cocok memanfaatkan
teknologi ini?.
Menurut Riset dari
Microsoft bersama dengan firma riset IDC tahu 2019, hanya 14% perusahaan
Indonesia yang sudah mengadopsi AI.
Dalam bidang medis:
Salah satu contoh penggunaannya di
bidang medis antara lain seperti untuk pengecekan
reservasi konsultasi pasien dan catatan
konsultasi untuk kemudahan penggunaan oleh pasien.
Rumah Sakit Flagler menggunakan
informasi yang berasal dari perangkat lunak pembelajaran mesin dan membuat peta
untuk rawat jalan. Sebagai hasilnya, mereka dapat mengurangi tingkat rawat inap
pasien pneumonia dari 2,9% menjadi 0,4%.
Dalam bidang Manufaktur:
Perusahaan asal Jerman, Siemens, membuat
turbin gas yang dilengkapi ratusan sensor di dalamnya. Data dari sensor-sensor
tersebut dimasukkan ke dalam sistem pemrosesan data berbasis AI. Sistem
cerdas ini dapat mengatur katup bahan bakar agar turbin menghasilkan emisi
serendah mungkin.
Dalam bisnis Pertambangan:
PT Freeport menggunakan teknologi
otomatisasi, memungkinkan perusahaan tersebut merekrut kaum wanita untuk
menjalankan truk-truk pengangkut material secara jarak jauh, tanpa harus
berinteraksi langsung dengan kemudi truk.
Dalam Industri Hiburan:
Layanan terpopuler yang telah banyak
digunakan oleh jutaan orang di dunia adalah Netflix. Layanan ini telah
menggunakan teknologi prediktif yang mampu menawarkan rekomendasi banyak hal
dengan hanya melihat pilihan, reaksi, minat dan perilaku dari pengguna.
Dalam bidang Marketing:
Jika metode pencarian konvensional
menggunakan kata kunci, maka AI dapat mengembangkannya dengan pencarian visual
dan pengenalan gambar.
Alih-alih menggunakan riwayat pembelian
dan pencarian, penerapan teknologi ini dalam situs-situs penjualan akan semakin
memudahkan pengguna untuk mencari produk berdasarkan bentuk yang diharapkan.
Teknologi AI dapat digunakan untuk
menganalisis komentar maupun tanggapan konsumen terhadap produk yang telah
dirilis. Sebagai contoh, umpan balik maupun keluhan konsumen dapat dideteksi
melalui platform media sosial yang populer. Ini akan memudahkan perusahaan
dalam mengevaluasi dan mengembangkan produk-produk yang dihasilkan.
Artificial intelligence dalam bidang marketing dapat memudahkan perusahaan dalam menjalankan beragam fungsi yang memakan waktu dan sumber daya. Teknologi ini juga dapat mengubah wajah ekonomi dengan merancang produk-produk dan model bisnis baru berdasarkan potensi yang seringkali luput dari pemantauan manusia.
Komentar
Posting Komentar