TUGAS 2 - Contoh Penerapan AI (artificial intelligence) di dunia bisnis/informasi

 

(Sumber: gettingsmart.com)

        Artificial intelligence atau kecerdasan buatan adalah teknologi yang mampu “mereplika” kecerdasan manusia, dengan mengembangkan software yang mengerti kebiasaan-kebiasaan kita.

Tipe-tipe artificial intelligence:

  • Chatbot
  • Visual Search
  • Voice Search
  • Product Management

Kini penggunaan teknologi artificial intelligence (kecerdasan buatan) telah menyebar di berbagai industri. Bagaimana bidang industri akan berubah dengan adanya teknologi AI ini? Kemudian, bidang pekerjaan apa sih yang cocok memanfaatkan teknologi ini?.

Menurut Riset dari Microsoft bersama dengan firma riset IDC tahu 2019, hanya 14% perusahaan Indonesia yang sudah mengadopsi AI.

Dalam bidang medis:

    Salah satu contoh penggunaannya di bidang medis antara lain seperti untuk pengecekan reservasi konsultasi pasien dan catatan konsultasi untuk kemudahan penggunaan oleh pasien.

        Rumah Sakit Flagler menggunakan informasi yang berasal dari perangkat lunak pembelajaran mesin dan membuat peta untuk rawat jalan. Sebagai hasilnya, mereka dapat mengurangi tingkat rawat inap pasien pneumonia dari 2,9% menjadi 0,4%.

Dalam bidang Manufaktur:

            Perusahaan asal Jerman, Siemens, membuat turbin gas yang dilengkapi ratusan sensor di dalamnya. Data dari sensor-sensor tersebut dimasukkan ke dalam sistem pemrosesan data berbasis AI. Sistem cerdas ini dapat mengatur katup bahan bakar agar turbin menghasilkan emisi serendah mungkin.  

Dalam bisnis Pertambangan:

        PT Freeport menggunakan teknologi otomatisasi, memungkinkan perusahaan tersebut merekrut kaum wanita untuk menjalankan truk-truk pengangkut material secara jarak jauh, tanpa harus berinteraksi langsung dengan kemudi truk.

Dalam Industri Hiburan:

             Layanan terpopuler yang telah banyak digunakan oleh jutaan orang di dunia adalah Netflix. Layanan ini telah menggunakan teknologi prediktif yang mampu menawarkan rekomendasi banyak hal dengan hanya melihat pilihan, reaksi, minat dan perilaku dari pengguna.

Dalam bidang Marketing:

    Jika metode pencarian konvensional menggunakan kata kunci, maka AI dapat mengembangkannya dengan pencarian visual dan pengenalan gambar.

            Alih-alih menggunakan riwayat pembelian dan pencarian, penerapan teknologi ini dalam situs-situs penjualan akan semakin memudahkan pengguna untuk mencari produk berdasarkan bentuk yang diharapkan.

              Teknologi AI dapat digunakan untuk menganalisis komentar maupun tanggapan konsumen terhadap produk yang telah dirilis. Sebagai contoh, umpan balik maupun keluhan konsumen dapat dideteksi melalui platform media sosial yang populer. Ini akan memudahkan perusahaan dalam mengevaluasi dan mengembangkan produk-produk yang dihasilkan.

        Artificial intelligence dalam bidang marketing dapat memudahkan perusahaan dalam menjalankan beragam fungsi yang memakan waktu dan sumber daya. Teknologi ini juga dapat mengubah wajah ekonomi dengan merancang produk-produk dan model bisnis baru berdasarkan potensi yang seringkali luput dari pemantauan manusia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 - Jenis Perusahaan, Drawing.io & Google Doc